Bulan Ini KPU Inhu Mulai Verifikasi Faktual Parpol Peserta Pemilu 2024

Selasa, 04 Oktober 2022

INHU, PANTAUNEWS.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhu pada pekan depan akan melakukan verifikasi faktual Partai Politik (Parpol) pada pekan depan. Hal itu bagian dari tindaklanjut dari sosialilasi tahapan Pemilu 2024 mendatang.

Penegasan itu disampaikan Ketua KPU Inhu Yenni Mairida kepada awak media dalam ngopi pagi yang digelar di Aula KPU Inhu, Selasa (4/10).

Yenni didampingi seluruh komisioner dan sekretaris KPU Inhu itu dengan gamblang menjelaskan, bahwa tahapan Pemilu 2024 sudah dilakukan dan pada 15 Oktober 2024 pekan depan akan melakukan verifikasi faktual terhadap Parpol peserta Pemilu.

Tanpa basa-basi, Yenni menegaskan jika pihaknya sangat membutuhkan awak media dalam mensosialisasikan tahapan Pemilu kepada seluruh masyarakat Kabupaten Inhu, Riau.

"Apapun kegiatan yang dilakukan KPU Inhu tidak akan ada artinya tanpa pemberitaan dari teman-teman media," kata Yenni.

Kemudian, Divisi Teknik Penyelenggaraan KPU Inhu Fitra Rovi ikut menjelaskan, bahwa pihaknya telah melaksanakan berbagai tahapan, baik itu verifikasi administrasi perbaikan hingga daftar pemilih berkelanjutan.

Dari tahapan itu, jelas Rovi, secara nasional yang lolos administrasi sebagai peserta Pemilu 2024 sebanyak 24 Parpol. Akan tetapi untuk di Kabupaten Inhu sebanyak 20 Parpol.

Ada 3 kategori Parpol peserta Pemilu yang memenuhi Presidential Thresold (PT) atau Ambang Batas 4 persen kursi di DPR RI. Jika sudah ada di parlemen maka tidak lagi dilakukan verifikasi faktual.

"Ada 9 Parpol yang dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu karena memenuhi ambang batas perolehan suara," terang Rovi.
Selanjutnya, lanjut Rovi, ada 6 Parpol yang tidak memunuhi ambang batas tapi memiliki kursi di DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota serta partai baru sebagai peserta Pemilu.

“Untuk Parpol-parpol tersebut tetap dilakukan verifikasi faktual yang akan dimulai pada tanggal 15 Oktober hingga tanggal 4 Nopember 2022 mendatang,” kata Rovi.

Rovi berharap peran teman-teman media untuk dapat kiranya membantu KPU Inhu didalam mensosialisasikan tahapan Pemilu yang sudah mulai berjalan dan juga akan memverifikasi faktual Parpol peserta Pemilu 2024. (stone)