MAKNA || BERPIKIR POSITIF

Senin, 10 Oktober 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Saat ini melalui kemajuan teknologi informasi dewasa ini memberikan kemudahan  dalam memperoleh berbagai informasi yang disatu sisi memberikan berbagai dampak dalam kehidupan kita.

Berbagai informasi yang diperoleh tersebut hendaknya perlu disikapi dengan bijak atas informasi tersebut, malahan kadang kala informasi tersebut menjadi  bahan perbincangan diantara sesama kita, dan sering pula ada yang menyikapi positif dan negatif dari berbagai perspektif masing-masing yang membahas informasi tersebut.

Dalam kehidupan modern  kebutuhan akan berbagai infornasi penting  didapatkan, namun  sebagai individu perlu menyikapinya  dengan berpikir positif agar nantinya memberikan makna dan manfaat atas informasi yang diterima.

Berpikir positif  dalam  menjalani kehidupan diperlukan agar memperoleh sesuatu hal yang memberikan manfaat dalam diri individu.

Dalam konteks   berpikir positif Menurut Arifin (2011 : 18) mengatakan " Berpikir positif dapat diartikan  sebagai cara berpikir  yang berangkat dari hal-hal yang baik, yang menyulut semangat untuk melakukan perubahan menuju taraf hidup yang lebih baik, dalam konteks inilah  berpikir positif telah menjadi sistem berpikir yang mengarahkan dan membimbing seseorang meninggalkan hal-hal negatif yang bisa melemahkan semangat perubahan dalam jiwanya"

Melihat konsep ini jelas intinya dengan berpikir positif akan dapat memberikan semangat dalam  diri untuk melakukan perubahan dalam diri yang mengarah pada keinginan untuk lebih baik pada masa yang akan datang.

Mengingat  terasnya arus informasi yang mudah didapatkan  menyikapinya dapat dimulai dengan berpikir positif.

Aswando  Dwitantyanov dalam jurnal Psykologi Unpad    volume 8 (2010 : 138) mengatakan " Individu yang cenderung berpikir positif dapat didedikasi melalui beberapa kreteria,antara lain ; Percaya pada tuhan yang maha esa, selalu menjauhi dari perilaku negatif, memiliki keyakinan dan proyeksi tentang sesuatu secara positif,selalu mencari jalan keluar  dari berbagai masalah, belajar dari dari masalah dan kesulitan"

Bila dikaitkan dengan menjalani kehidupan dengan senantiasa berpikir positif  memberikan manfaat dalam diri kita....