PESIAR || PANTAI SELAT BARU

Ahad, 23 Oktober 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Rutinitas aktivitas keseharian di wilayah perkotaan pada hari-hari libur masyarakat memanfaatkan jalan-jalan, dalam propinsi, antar propinsi  dan malahan keluarga negeri bagi yang memiliki ekonomi yang mapan.

Kebutuhan dan keinginan pesiar dimaksudkan untuk melihat dan menikmati suasana suatu daerah yang dikunjungi, disamping juga mengunjungi objek wisata yang terdapat di daerah yang dituju.disamping   untuk mengetahui kondisi sosial budaya masyarakatnya.

Adapun yang dimaksud pesiar  menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya "Berkeliling Kota,berkeliling kota, berjalan-jalan, bertamasya,pelesir"

Dari makna tersebut mengambarkan  bahwa pesiar  dalam memahamannya      banyak bentuk dan ragam yang dapat dilakukan, namun pesiar  menekankan pada mengunjungi suatu kota atau daerah yang memiliki jarak tempuh dari tempat tinggal, dengan memanfaatkan berbagai moda transportasi  baik darat, laut maupun udara.

Kabupaten Bengkalis salah satu kabupaten di Propinsi Riau, dimana  pusat pemerintahan kabupatennya  di pulau  Bengkalis  sebuah pulau yang luas  dan memiliki objek wisata yang terkenal namanya Pantai Selat Baru yang berada di Kecamatan Bantan.

Pantai Selat Baru jarak tempuh dari Kota Bengkalis  lebih kurang 30 menit dengan kendaraan dengan kondisi jalan yang mulus.

Perkampungan menuju Pantai Selat baru  juga terkenal dengan  duriannya, sehingga pada musim Durian  ramai dikunjungi  masyarakat  pengemar durian dan malahan kadang-kadang pada musim besar Durian diadakan  fertival makan durian  yang banyak dihadiri masyarakat  dari luar pulau bengkalis, seperti dari Siak, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru.

Kondisi Pantai Selat baru  sangat indah  dan pada saat air laut  surut  pengunjung dapat bermain dipasir pantai disebabkan pantainya landai,     dan di pantai selat baru terdapat juga kuliner makanan laut  yang dapat dicoba para pengunjung  disamping  menikmati minum Kelapa Muda sambil menikmati suasana keindahan pantai Selat Baru.

Pantai Selat Baru  senantiasa  dikembangkan pemerintah  melalui meningkatan sarana dan prasarana, hal ini disebabkan memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah (PAD) melalui menarikan retribusi bagi mengunjung memasuki kawasan Pantai Selat Baru yang besarnya retribusi relatif terjangkau oleh  pengunjung.

Melihat kondisi Pantai Selat baru memiliki peluang untuk dikembangkan dimasa yang akan datang  dilihat dari ramainya pengunjung ke Pantai Selat Baru terutama pada hari-hari libur, yang jelas perjalanan ke pantai Selat Baru memberikan kesan dan ingin kembali mengunjungi Pantai Selat baru....