Pihak BRI Dumai Sebut Dipotong untuk Asuransi, AHS: Saya Tidak Pernah Merasa Jadi Nasabah!

Ahad, 16 Oktober 2022

DUMAI, PANTAUNEWS.CO.ID – Warga Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai, Provinsi Riau inisial AHS, mengeluhkan tiba tiba ada pemotongan rekening via SMS Banking. Karena merasa tidak ada melakukan penarikan, AHS yang merupakan nasabah BRITama ini langsung menyambangi bank terdekat yakni BRI Unit Bagan Besar, Bukit Kapur, Kamis (13/10/2022) lalu.

Namun sangat disayangkan, keluhan AHS ini tidak mendapat jawaban yang memuaskan oleh pihak pegawai BRI Unit Bagan Besar. Disebutkan AHS, Pemotongan sebesar  Rp522.500,00 yang diketahui dari SMS banking ini, salah satu petugas BRI Unit Bagan Besar, malahan meminta dirinya untuk menghubungi pihak Call Center.

Atas ketidakpuasannya, AHS menceritakan kepada awak media, kejadian menimpa dirinya. Diceritakannya, pada tanggal 13 Oktober 2022, ada transferan dan dihari yang sama ia juga melakukan penarikan. Anehnya, ada dua kali SMS Banking penarikan yang masuk, padahal ia hanya sekali melakukan penarikan.

“Saya sangat kecewa dengan pelayanan BRI khususnya BRI Unit Bangan Besar. Saya minta klarifikasi karena merasa dirugikan, malahan disuruh menghubungi pihak Call Center. Jadi untuk apa, ada pihak perwakilan BRI disini,” ungkap AHS dengan kesal, Minggu (16/10/2022).

Sebelumnya, awak media telah menyambangi Kepala Unit BRI Unit Bagan Besar, Jumat (14/10/2022) diruangannya. Disebutkannya, bahwa ini dugaan pemotongan dari pihak Asuransi.

“Mungkin Bapak ini ada dihubungi oleh pihak asuransi,” kata Pimpinan BRI Unit Bagan Besar yang mengaku bernama Tere ini kepada awak media.

AHS tidak merasa pernah menjadi nasabah asuransi yang disebut Pimpinan BRI Unit Bagan Besar. Anehnya lagi, Pimpinan BRI Unit Bagan Besar ini menyampaikan bahwa pihak asuransi dapat melakukan Auto Debit cukup melalui sambungan seluler, saat nasabah mengiyakan.  

“Ya, mereka melakukan rekaman suara,” imbuhnya menyampaikan.

Ketika ditanyakan pihak asuransi yang telah berani mengautodebitkan uang AHS, Tere tidak dapat menjelaskan. Uraian transaksi MDB_1223_2022101355398, Teller BRIMDBT dengan nomimal Rp. 522.500,00, uniknya orang nomor satu di BRI Unit Bagan Besar ini juga tidak dapat menjelaskan.

“Silahkan mendatangi BRI Cabang Dumai dan jumpai Ibu Een,” ucap Tere, Pimpinan BRI Unit Bagan Besar.  

Diakui AHS sebelumnya, ia acap kali dihubungi oleh nomor yang tidak dikenal. Namun, AHS tidak pernah merespon.  

”Saya merasa sangat dirugikan karena tidak pernah diberi tahu dan diberi penjelasan mengenai berapa biaya yang harus saya bayar jika ikut asuransi. Tiba-tiba saldo saya dipotong dan anehnya saya juga tidak mengetahui ini asuransi dari mana,” tukasnya dengan kesal.

Dia tidak pernah menerima berkas asuransi yang diikuti. Dia juga tidak pernah menandatangani berkas perjanjian antara asuransi.

”Saya curiga ini dugaan modus penipuan baru yang dilakukan atas kerja sama pihak bank dengan asuransi,” pungkas AHS.

Diketahui terkait proses asuransi, ada kesepakatan dari kedua pihak yang dibuktikan dengan penandatanganan di atas kertas bermaterai. Anehnya, pihak BRI Cabang Dumai dapat melakukan pemotongan saldo tanpa sepengetahuan nasabah. (*)

Penulis: Edriwan