Polda Riau Tangkap Satu Orang Terduga Teroris di Inhu

Senin, 03 Oktober 2022

Benda diduga bom rakitan disita aparat dari TKP saat setelah terduga teroris, Ocu diamankan, Senin (3/10).

INHU, PANTAUNEWS.CO.ID - Usai penangkapan satu orang terduga teroris beberapa waktu lalu di Kelurahan Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida, Kabupaten, Inhu, Riau oleh Densus 88 Anti Teror (AT), kembali Tim Gegana Brimobda Polda Riau menangkap satu orang pria diduga sebagai teroris.

Penangkapan pria terduga teroris itu dilakukan Polda Riau pada Senin (3/10) pagi tadi. Berdasarkan keterangan dari sumber yang merupakan warga sekitar kepada wartawan, penangkapan terduga teroris itu diareal Simpang Tambang atau Simpang PT KAT, Kelurahan Pangkala Kasai, Kecamatan Seberida, Kabupaten Inhu, Riau.

Kata sumber itu, terduga teroris diketahui bukan warga setempat melainkan warga pendatang.

"Orang (pria) itu bukan asli orang sini dan atau orang Inhu, melainkan warga pendatang. Dia selama disini menyewa rumah warga sini. Kalau tidak salah tetangga sekitar memanggil dia Ocu. Usianya diperkirakan 40an tahun gitu," kata warga, Senin (3/10) malam.

Kendati nama (sebutan) Ocu itu berasal dari Kabupaten Kampar, Riau tapi asli dari daerah mana terduga itu berasal, sumber mengaku tidak tahu pasti.

Kata sumber lagi, bahwa penangkapan (Ocu) terduga teroris itu terjadi pada Senin (3/10) dini hari sekira pukul 05.00 WIB.

Terduga teroris itu dibekuk oleh Tim Gabungan Polda Gegana Polda Riau, Polres Inhu dan Polsek Seberida.

Masih kata sumber, sehari sebelum ditangkap, terduga teroris  tersebut sempat berpindah tempat tinggal dengan mengontrak rumah di Desa Kelesa, Kecamatan Seberida. Tapi saat digerebek rumah tersebut belum sempat dihuni oleh terduga teroris tersebut.

Dalam penggerebekan itu, kata sumber, sebagaimana keterangan warga Simpang PT KAT yang dia dengar, warga ada mendengar suara ledakan sebanyak satu kali.

Suaranya cukup keras terdengar, seperti suara bom. Tapi apakah itu suara berasal dari bom atau atau bom rakitan warga tidak tahu pasti.

"Pastinya, kata warga sekitar, ada terdengar suara ledakan keras," kata dia.

Masih kata sumber itu, dari hasil penangkapan itu, aparat menyita sejumlah benda yang mirip dengan bom rakitan.

"Bendanya mirip bom rakitan. Seperti yang pernah kami lihat di siaran televisi nasional," ujarnya.

Hingga berita ini dimuat, tidak ada satupun pihak terkait yang mau angkat bicara. 

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto saat dihubungi via telepon internet (WhatsApp) tidak diangkat. Pesan singkat yang disampaikan untuk menanyakan kebenaran informasi dari sumber, juga belum dibalas. (stone)