SEMANGAT KEBERSAMAAN

Senin, 10 Oktober 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Menumbuh kembangkan semangat kebersamaan untuk merealisasikan agenda yang disepakati bersama akan dapat diwunjudkan bilamana setiap individu memiliki  konsep dan pandangan sama atas suatu rencana yang telah disepakati bersama.

Salah satu upaya yang dapat menciptakan kondisi tersebut diperlukan saling keterbukaan diantara sesama  anggota  melalui     komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi  atas rencana tersebut. 

Spirit kebersamaan  diperlukan  terutama pada kegiatan perdana dari organisasi sosial  atau organisasi kemasyarakat  yang baru dibentuk dengan agenda perdananya menetapkan agenda pengukuhan kepengurusan  yang dikemas melalui berbagai agenda kegiatan   yang nantikan di publis agar keberadaan organisasi tersebut diketahui dan dikenal.masyarakat.

Biasanya peran pemimpin organisasi tersebut menjadi simpul untuk menumbuhkan semangat kebersamaan. Sehingga ada kecenderungan diawal berdirinya organisasi ketokohan pemimpin diperlukan sekali   baik secara internal  maupun eksternal.

Keberadaan seorang tokoh  bagi organisasi yang baru dibentuk dapat menjadi motivasi bagi anggotanya untuk senantiasa memiliki semangat kebersamaan  dan meyakini bahwa organisasi yang dipimpin seorang tokoh akan memungkinkan tujuan pembentukan organisasi dapat terwujud.

Untuk tertanamnya spirit  atau semangat kebersamaan diperlukan adanya perlakukan dan pandangan yang sama tanpa membedakan  status dari seluruh anggota organisasi, dan memandang seriap anggota organisasi memiliki kontribusi bagi organisasi  sesuai dengan kapasitasnya.

Selamat dan sukses atas pelantikan Kepengurusan Gonjong Limo Propinsi Riau, semoga spirit kebersamaan senantiasa terbangun untuk pengembangan organisasi kedepannya....