Kadisnakertrans Riau: Kronologis Kasus dalam Proses, Jangan Berikan Persepsi Sendiri

Ahad, 20 November 2022

Foto: Ilustrasi (Net)

DUMAI, PANTAUNEWS.CO.ID – Lagi-lagi kecelakaan kerja (laka kerja) di Kota Dumai kembali terjadi menimpa salah satu karyawan PT Sumber Jaya Industri Oleo (SJIO), Sabtu (12/11/2022) seminggu yang lalu. 

Seperti dikutip dari Detik12.com, akibat kejadian laka kerja tersebut, seorang karyawan yang diketahui bernama Herianto (44) warga Langkat Sumatra Utara ini dikabarkan meninggal dunia dalam perjalanan menuju RSUD Dumai. Nyawanya tak bisa tertolong lagi karena kondisinya sangat parah.

Informasi terangkum, lokasi kecelakaan yang berada di Kawasan Industri Dumai (KID) di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai ini, korbannya diketahui merupakan seorang pekerja outsoursing yang diperkerjakan di area proyek pembangunan di PT SJIO.

Terkait hal ini, Kapolres Dumai melalui Kapolsek Medang Kampai AKP Edwi Sunardi, membenarkan adanya kejadian laka kerja di PT SJIO.

” Ya benar, ada laka kerja di wilayah kami di Kawasan Industri Dumai (KID), tepatnya di PT SJIO. Tapi untuk kranologis kejadian dan kasus ini langsung ditangani pihak Polres. Jadi untuk informasi secara utuhnya langsung saja kesana, biar informasinya satu pintu,” kata AKP Edwi seperti dilansir Detik12.com.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau Imron
Rosyadi saat dikonfirmasi juga membenarkan adanya laka di PT SJIO, Sabtu (19/11/2022).

"Kami sudah lakukan proses kasus kecelakaan kerjanya sesuai ketentuan. Saat ini kasus sedang ditanganitangani pengawas ketenagakerjaannya," ucap Kadisnakertrans Riau ini menyampaikan.

Selanjutnya, terkait kronologis kejadian laka kerja di PT SJIO, dugaan adanya pelanggaran K3, Imron Rosyadi menyebutkan bahwa hal ini sedang dilakukan pemeriksaan.

"Kejadiannya benar, tapi soal kronologis kasusnya harus melalui proses pemeriksaan dan jangan berikan persepsi sendiri. Inilah tugas kami sebagai  pengawas," jelas Imron.

Diakui Kadisnakertrans Provinsi Riau bahwa terkait kejadian kecelakaan kerja di PT SJIO sudah diketahui sejak awal kejadian.

"Kasusnya sudah ditangani beberapa hari yang lalu," tukasnya seraya mengakhiri. ***

Penulis: Edriwan