Sejumlah Jurnalis Nyatakan Sikap Langsung Kepada Kapolres Subulussalam

Selasa, 15 November 2022

SUBULUSSALAM, PANTAUNEWS.CO.ID -  Sejumlah jurnalis yang mengatasnamakan Aksi Solidaritas Jurnalis Sada Kata (ASJSK), menyatakan sikap langsung kepada Kapolres Subulussalam, terkait dugaan pengancaman terhadap wartawan di Aceh Tengah, Selasa, (15/11/22).

Pernyataan sikap jurnalis tersebut di bacakan dan di serahkan langsung oleh Kaya Alim Bako selaku ketua ASJSK, dan diterima langsung oleh Kapolres Subulussalam AKBP Muhammad Yanis, S.I.K, M.H, di dampingi Kasatreskrim, dan Kasat Intelkam Polres Subulussalam.

Adapun pernyataan sikap aksi solidaritas jurnalis sada kata tersebut. Pertama. Mengutuk aksi mengancam mana atau intimidasi terhadap wartawan seperti yang terjadi kepada saudara Jurnalisa Harian Rakyat Aceh di Aceh Tengah

Ke-Dua. Meminta Polda Aceh dan Polres Aceh Tengah menangkap pelaku pengancaman terhadap Jurnalisa dan melakukan proses hukum. ke-Tiga. Menolak segala bentuk kriminalisasi dan intimidasi terhadap wartawan yang bekerja sesuai undang-undang nomor 49 tahun 1999 tentang pers

ke-Empat. Meminta kapolres subulussalam mendukung upaya pemberantasan oknum yang mengaku wartawan, akan tetapi tidak bekerja selayaknya jurnalis yang menghasilkan karya jurnalistik. ke-Lima. Apabila terdapat sengketa pers maka proses penyelesaian melalui dewan pers.

Pada saat menerima pernyataan sikap dari Jurnalis yang bekerja di wilayah Kota Subulussalam, tersebut. Kapolres Subulussalam langsung menerima, dan menyampaikan terimakasih karena tidak melakukan aksi di jalan.

"Terimakasih kepada rekan-rekan yang tidak melakukan aksi dijalan, pernyataan sikap dari rekan-rekan ini saya terima, dan kita harapkan proses hukum ditegakkan seadil-adilnya terhadap rekan kita yang di duga telah di ancam," sampainya.

Lebih lanjut Kapolres Subulussalam juga menambahkan, akan menyampaikan langsung kepada Kapolda Aceh terkait aksi tuntutan para jurnalis tersebut.

Ada sebanyak 15 (Lima Belas) jurnalis yang langsung mendatangi Mapolres Kota Subulussalam itu, diantaranya. Kaya Alim wartawan Harian Rakyat Aceh, Mansyah Berutu BIMC.Media.com, Juliadi Pantaunews.co.id, Maharudin Maha Sriwijaya Media, Jarkasih Metro Rakyat, Ramona Detiknews86.com, Agus Darminto Bancin Bidiknasional.com, Ali Hasmi Serambiwahananews.com, Salman DetikNasional.com, M Pohan HarianRI.com, Amirullah Angkat ICW Post, Dedi Bancin, Surat Kabar Aktual, M Yantoro Maliknews, Yudiansyah Kumparan, Ipong CN. (Juliadi)