Ajang KI Riau Award 2022, Pemko Dumai Raih Penghargaan

Jumat, 16 Desember 2022

PANTAUNEWS.CO.ID, PEKANBARU - Kota Dumai meraih penghargaan terbaik V Peringkat Menuju Informatif (Kategori Pemerintahan Kabupaten Kota) pada acara Komisi Informasi (KI) Riau Award 2022, yang diselenggarakan di Nazir Grand Ballroom Hotel Mutiara Merdeka, Pekanbaru, Senin (12/12) pagi.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Dumai, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Muhammad Saddam, S.STP, M.IP menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Riau Brigjen (Purn) Edi Natar Nasution.

Selain Dumai, 4 kabupaten lain yang menerima penghargaan KIP Award untuk kategori informatif yakni, Kabupaten Bengkalis peringkat I, Kabupaten Kampar peringkat II, Inhil peringkat III, Rohul peringkat IV.

Dalam arahannya, Wagubri memberikan apresiasi ucapan taniah kepada para penerima penghargaan anugerah KI Award 2022.

"Semoga dengan penghargaan ini kita dapat semakin meningkatkan pelayanan informasi publik sehingga mudah diakses oleh masyarakat," tuturnya.

Menurutnya, pelayanan informasi yang transparan sangatlah berarti karena dapat mendukung pembangunan daerah.

Sementara itu, Ketua KI Riau Zufra Irwan mengatakan, apresiasi ini telah melalui proses yang panjang dengan dan telah melakukan penilaian melalui Self Assesment Questionnaire (SAQ), Implementasi Kepatuhan publik, seperti PPID, Desk Layanan Infomasi, Teknologi informasi, Sumber Daya Pengelola dan yang terpenting adalah Daftar Informasi Publik (DIP).

"Penghargaan ini juga sebagai bentuk apresiasi dan kepatuhan terhadap Keterbukaan Informasi Publik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, yang diberikan kepada OPD Provinsi, Kabupaten /Kota, Partai Politik, BUMD, Perguruan Tinggi, Instansi Vertikal, dan KPU dan Bawaslu Kab/Kota, Achievement Motivation Person, Desa dan penerima dana hibah. Semuanya adalah kemudahan bagi masyarakat dalam permohonan informasi," sebut Zufra.

Seusai acara, Kabid IKP Saddam menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan dan keberhasilan yang telah diraih.

"Alhamdulillah, walau belum mendapatkan hasil yang maksimal tapi prestasi ini patut kita syukuri. Untuk itu kami berharap, apa yang kita capai saat ini dapat menjadi pemicu, untuk Dumai terus memberikan pelayanan informasi yang optimal, mutakhir, dan transparan kepada publik,” imbuh Saddam.

Prestasi yang diraih ini, tentunya berkat sinergi dan komitmen bersama segenap pihak, baik PPID Utama maupun PPID Pembantu yang ada di Kota Dumai.

"Terima kasih kepada semua pihak, baik PPID Utama maupun PPID Pembantu. Mari bersama kita optimalkan kinerja  dan terus aktif menyajikan data serta informasi berkualitas yang mudah diakses oleh publik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan," pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Pejabat Fungsional Pranata Humas Bidang IKP Diskominfotiksan Dumai, Adi Siswanto, S.Sos, M.IP dan Dedi Zuhermi, S.Kom.