PC LDNU Pelalawan Taja Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Dan Pembekalan Da'i Aswaja An Nahliyah

Senin, 26 Desember 2022

Nahdlatul Ulama Kabupaten Pelalawan sukses menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah dan Pembekalan Da'i Aswaja An Nahdliyah

PANTAUNEWS.CO.ID, PELALAWAN - Pengurus Cabang Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Kabupaten Pelalawan sukses menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah dan Pembekalan Da'i Aswaja An Nahdliyah.


Acara tersebut di laksanakan pada hari Minggu 25 Desember 2022 yang bertempat di Aula Hotel Fanbinari Pangkalan Kerinci.

Sebagai ketua panitia Ust. Muhammad Jamal menyampaikan bahwa masyarakat bersemangat dan antusias mengikuti acara ini.

"panitia membatasi quota peserta sebanyak 60 orang saja. Namun, begitu antusiasnya masyarakat untuk dapat belajar pada pelatihan tersebut sehingga peserta membengkak melebihi dari quota hingga menjadi 68 orang" ujar M. Jamal yang juga menjabat sebagai ketua MWC NU Pangkalan Kerinci.


Peserta berasal dari perwakilan BKM masjid/mushola se Pangkalan Kerinci dan perwakilan dari banom-banom yang ada di bawah ormas Nahdlatul Ulama Kab. Pelalawan.

Ada 4 orang narasumber yang memberikan materi pada pelatihan tersebut antara lain, Ust. Sudur, S.Fill yang juga kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pangkalan Kerinci dengan materi "Mendo'akan Ahlul kubur hari 1,2,3,7,40 hingga haul beserta landasan dalil-dalilnya.


Ust. Ahmad Jazuli, ST yang merupakan santri dari Ulama besar dikalangan Nahdlatul Ulama yakni Alm. KH. Dimyati Rois, Kaliwungu Semarang, menyampaikan materi memandikan dan mengafani jenazah.

" Mensholatkan dan menguburkan Jenazah beserta talqin dengan landasan fiqhnya," Ucap Ahmad Jazuli.

Berikut Ust. M. Bayu Sunarno alumni pondok pesantren Lirboyo Kediri menyampaikan materi praktek Memandikan dan mengkafankan jenazah. Selanjutnya KH. Karmani, S. Pd.I ketua LDNU Kab. Pelalawan yang juga sekaligus menjabat ketua BAZNAS Kab. Pelalawan menyampaikan materi Pembekalan Da'i Aswaja An Nahdliyin.

Dalam pemaparannya Karmani mengharapkan para Da'i dan mubaligh dalam menyampaikan dakwah harus dengan kelembutan, sejuk dan santun, dakwah yang jadi rahmat bagi sekalian alam.

Pada kegiatan tersebut, LDNU Kab. Pelalawan juga sekaligus melauching buku yang baru diterbitkan dengan judul " Tuntunan Penyelengharaan Jenazah" Mulai dari sakit, kematian, pemulasaraan jenazah hingga penguburan. Dalam sambutannya Bupati Pelalawan H. Zukri yang juga sekaligus sebagai ketua PCNU Kab. Pelalawan memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada LDNU yang sudah ikut serta membantu pemerintah daerah dalam mendidik dan mensejahterakan masyarakat Pelalawan.

Helmy