Tamu Comporta Hotel ini Menggangu Lalu Lintas, Warga Minta Management Ditegur

Senin, 12 Desember 2022

DUMAI, PANTAUNEWS.CO.ID - Keterbatasan lahan parkir atau bahkan karena diburu waktu dan lainnya, hal ini dapat membuat sebagian orang terpaksa memparkirkan kendaraannya sembarangan dipinggir jalan.

Pantauan dilapangan, terlihat tumpukan kendaraan roda 4 berjejer memakan badan jalan di Jalan Protokol Jalan Jenderal Sudirman Kita Dumai. Sehingga mengganggu pengguna jalan lainnya, Senin (12/12/2022).

Tumpukan kendaraan jenis mobil memakan badan jalan ini diketahui sedang menghadiri acara di Comporta Hotel Dumai.

Perlu diketahui pinggir jalan atau bahu jalan sebenarnya tidak boleh digunakan sebagai tempat parkir karena dapat mengganggu mobilitas pengguna jalan lainnya. Hal ini sendiri sudah tercantum dalam peraturan yang berlaku di Indonesia.

Misalnya dalam Peraturan Pemerintah atau PP Nomor 34 Tahun 2006 Pasal 38 yang berbunyi setiap orang dilarang memanfaatkan ruang manfaat jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 34, Pasal 35, Pasal 36, dan Pasal 37 yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan.

Dari aturan di atas, kita dapat memahami memarkir kendaraan di pinggir jalan dapat mengganggu fungsi jalan itu sendiri. Contoh permasalahan yang ditimbulkan terjadinya kemacetan lalu lintas akibat sebagian lahan jalan digunakan parkir.

Salah satu pengguna jalan yang berhasil diwawancarai menyebutkan bahwa ia sangat tergganggu dan ini harus menjadi perhatian instansi terkait.

"Apa tak ada petugas yang mengatur lalu lintas. Jujur, saya pribadi merasa tergganggu," ucapnya dengan kesal.

Saat dikonfirmasi Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Said Effendi, diakuinya bahwa jalan tersebut bukan milik parkiran hotel.

"Memang benar Itu parkir tepi jalan dan bukan parkiran hotel dan retribusinya beda," ucap Plt Kadishub Dumai yang sebentar lagi akan defenitif ini menjelaskan.

Uniknya ada pemandangan yang cukup menjadi perhatian pengguna jalan. Terlihat jelas, ada tulisan dikarton "Bukan Parkiran Hotel Bos" terpampang di badan jalan.

Tampaknya, ada salah satu pedagang yang  lokasinya berdekatan dengan Comporta Hotel ini merasa kesal. 

"Pihak hotel jangan hanya cari untung saja dan rugikan kita sebagai pengguna jalan. Saya berharap Dishub Dumai berikan teguran kepada pihak management hotel," tukas pengguna jalan yang enggan namanya dipublikasikan. (*)

Penulis: Edriwan