Jumat Curhat, Polsek Rengat Barat Bansos ke Masjid Nurul Islam

Jumat, 06 Januari 2023

INHU, PANTAUNEWS.CO.ID - Polsek Rengat Barat Polres Inhu Polda Riau melaksanakan Jumat Curi Hati Masyarakat (Curhat) berupa Bakti Sosial (Bansos) ke Masjid Nurul Islam Jalan Sosial Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat, Jumat (6/12).

Selain pemberian bantuan paket Sembako juga dilakukan himbauan tentang Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Dalam kegiatan itu dipimpin Kapolsek Rengat Barat Kompol Deni Afrial didampingi Panit Lantas Iptu Edi Dalianto, Panit Yanmin Intel Susmaidi, Kasium Apitu Nasrul, sejumlah personel Bhabinkamtias dan personel Polsek Rengat Barat.

Kapolsek Rengat Barat Kompol Deni Afrial kepada media ini mengatakan, sasaran kegiatan yakni pengurus dan jemaah Nurul Islam.

"Tujuan kita untuk bersilahturahmi dengan pengurus masjid, Toga, Tomas, Kades dan pengurus masjid. Selain itu juga memberikan imbauan tentang bahaya narkoba, kenakalan remaja dan Poskamling disetiap RW," kata Deni, Jumat (6/12).

Tujuan kegiatan, kata Deni, dengan kehadiran anggota Polri pada setiap kegiatan merupakan representasi dari hadirnya negara ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan jaminan keamanan dan menjaga Kamtibmas.

Selain itu juga untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada warga masyarakat, sehingga Polri dapat hadir ditengah-trngah masyarakat serta menjalin silahturahmi dan menjaga Harkamtibmas di Desa Talang Jerinjing.

Karena selama ini banyak anak-anak remaja melakukan kegiatan balap liar dan aktivitas mabuk dengan meminum minuman keras maupun obat terlarang.

"Polsek Rengat Barat setiap malam melakukan penertiban di RTH dan Stadion Batu Canai terhadap anak-anak renaja yang melakukan balapan.liar dan mabuk-mabukan. Mari sama-sama kita mengawasi anak-anak kita untuk kehidupannya kedepan terhindar dari narkoba maupun perbuatan lainnya yang melanggar hukum," pungkasnya.

Deni mengimbau kepada para orangtua agar dapat membatasi anak-anaknya untuk keluar malam. Kepada perangkat desa dan tokoh masyarakat dapat memberi imbauan kepada masyarakat lainnya serta lingkungan keluarga.

Serta semua pihak dapat mengingatkan masyarakat agar menghindar dari tindakan pidana serta menghidupkan kembali Pos Kamling.

"Apabila ada permasalahan di warga masyarakat dipersilahkan langsung menghubungi Polsek Rengat Barat. Mengenai visum jika orang tersebut status sosialnya kurang mampu dan dilakukan di Pekanbaru, biasanya tim Polda Riau datang ke Inhu," terang Deni.

Untuk itu, Deni berpesan, agar semua pihak khususnya.warga Desa Talang Jerinjing, harus menjaga psikis anak yang menjadi korban.

Warga juga diminta untuk tidak menyebarluaskan foto ataupun cerita-cerita kepada pihak lain.

Juga soal korban sodomi, lanjut, Deni, dirinya menjelaskan kepada warga Desa Talang Jerinjing, untuk korbannya agar dibina agar perbuatan itu tidak berlanjut kedepannya.

"Polri komit proses hukum sesuai aturan. Persoalan mental dan psikis akan dilakukan koordinasi terhadap instansi terkait. Untuk itu kita juga mengimbau agar saling pedulu terhadap warga yang dipandang memiliki kelainan, seperti gay ataupun bencong," tandasnya.

Dalam kesempatan itu ikut menyambut kedatangan tim Jumat Curhat Polsek Rengat, antara lain pengurus Masjid Nurul Islam, Tokoh Agama (Toga), Tokoh Masyarakat (Tomas), Kades Talang Jerinjing dan Jemaah Masjid Nurul Islam. (stone)