Pedang Pora dan Tepung Tawar, Warnai Pisah Sambut Kapolres Inhu

Jumat, 13 Januari 2023

INHU, PANTAUNEWS.CO.ID - Acara pisah sambut jabatan Kapolres Inhu dengan pedang pora serta tepung tawar itu berjalan khidmat dan lancar. 
Pedang pora merupakan tradisi di kepolisian untuk melepas pejabat lama. Sedangkan tepung tawar dan pencak silat merupakan sambutan bagi pejabat baru.

Acara pisah sambut itu digelar dihalaman Mako Polres Inhu dan di Lobby Santika Satyawada, Jumat (13/1).

Acara pisah sambut Kapolres Inhu AKBP Dody Wirawijaya didampingi istri, AKBP Bachtiar Alponso dan istri serta undangan lainnya.

PS Kaaubsi Penmas Polres Inhu Aipdq Misran kepada awak media menyatakan, pisah sambut yang dilaksanakan pada hari ini setelah sebelumnya dilakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapolres Inhu di Mako Polda Riau beberapa waktu lalu.

Sertijab Kapolres Inhu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kapolri No.KEP/1756/XII/2022 tanggal 23 Desember 2022 tentang Serah Terima Jabatan Kapolres Indragiri Hulu dari AKBP Bachtiar Alponso SIK MSi kepada AKBP Dody Wirawijaya SIK.

"Semua prosesi terlaksana dengan baik. Seperti pencak silat, pedang pora, tari persembahan, sekapur sirih dari Ketua LAMR Inhu Raja Marwan MR dan sekaligus tepung tawar dan rangkaian kegiatan lainnya," terang Misran.

Dalam kesempatan itu, AKBP Bachtiar Alponso dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas segala bantuan dan kerjasama selama berdinas di Polres Inhu.

Dirinya berharap agar program-program baik selama ini untuk masyarakat tetap dilanjutkan demi membantu masyarakat Kabupaten Inhu.
"Saya berharap kepada semua pihak yang telah bekerjasama dan membantu Polres Inhu selama ini agar tetap bersinergi dan berkoordinasi dengan Polres Inhu," pesan Alponso.

Kapolres Inhu AKBP Dody Wirawijaya menyampaikan, sebagai pejabat baru pihaknya memohon bantuan dan dukungan serta kerjasama dari seluruh stakeholder dan juga semua lapisan masyarakat dalam menjalan tugas sebagai Kapolres Inhu.

"Kepada semua pihak saya berharap untuk tetap menjaga hubungan yang sudah terjalin baik dengan pihak Polres Inhu," kata Dody.

Terlihat hadir dalam acara itu, Wakapolres Polres Inhu Kompol Dwi Yatmoko, Ketua LAMR Inhu Raja Marwan MR, Ketua MUI Inhu Tengku Wahab, Ketua FKUB Inhu Abdul Kadir, Ketua NU Inhu Saerozi, Ketua LLMB Inhu Jhon Hepni dan Ketua Purnawirawan Polri dan Warakauri Arsyad.

Selain itu juga dihadiri para Kabag Polres Inhu, para Kasat Polres Inhu, para Kapolsek jajaran Polres Inhu, tokoh Agama Islam, Ust. Marsuki, S.Pd, tokoh Agama Islam, H. Zulkifli Ghani, tokoh Agama Islam, H. Lasmi Ismail, ,Ketua Persekutuan Gereja-gereja Kabupaten Inhu, Pdt. Frengky Maningkas, S. Pdk, tokoh Agama Budha, Pandita Suharto, personel Polres Inhu dan Polsek jajaran. (wa)