Pemkab Inhu Peringati Peristiwa Rengat Bersejarah

Kamis, 05 Januari 2023

INHU, PANTAUNEWS.CO.ID - Untuk mengenang peristiwa Rengat Bersejarah, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Pemkab Inhu) memperingati peristiwa tersebut dengan mengadakan zikir bersama dipusatkan di Gedung Sejuta Sungkai Rengat, Rabu (04/01) malam.

Dalam sambutannya Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi berharap dengan Zikir bersama para pahlawan yang gugur dalam peristiwa tersebut mudah-mudahan mendapat tempat yang terbaik disisi sang maha pencipta.

"Peristiwa Rengat Bersejarah 5 Januari memiliki nilai perjuangan yang berarti bagi masyarakat Inhu. Mudah-mudahan semangat perjuangan para pahlawan tersebut dapat kita lanjutkan dalam mengisi pembangunan ini," sebut Rezita.

Zikir bersama dipimpin Ustadz Alfian bersama Ustadz Muhammad Raihan. Tampak hadir  Sekdakab Inhu Hendrizal, pejabat dilingkungan Pemkab Inhu, ASN dan Tenaga Honorer, Tokoh Agama dan Masyarakat Inhu.

Selanjutnya, pada Kamis (5/1) pagi Pemkab Inhu bersama Forkopimda Inhu melaksanakan upacara peringatan Hari Rengat Bersejarah yang setiap tahunnya diselenggarakan di Monumen Bersejarah yang berada didepan kediaman Bupati Inhu.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Rezita Meylani Yopi. Dalam amanatnya, Bupati menyampaikan sejarah peristiwa Rengat Berdarah yang terjadi pada 5 Januari 1949 dimana lebih 2.000 penduduk Kota Rengat gugur dalam agresi yang dilakukan oleh Tentara Kolonial Belanda (KNIL).

Untuk mengenang peristiwa Rengat Bersejarah ini, juga dilakukan menabur bunga diatas Sungai Indragiri tepatnya di Jembatan Trio Amanah Indagiri oleh Bupati Inhu bersama Forkopimda Inhu. (stone)