Perubahan Organisasi dan Efektifitas Organisasi

Sabtu, 21 Januari 2023

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Perkembangan lingkungan  dimana organisasi melakukan aktivitas sesuai tujuannya, diperlukan upaya dan usaha    dari organisasi untuk tetap eksis dan tetap mampu mewujudkan  efektivitas organisasi.

Namun demikian kadang-kadang organisasi dalam kedinamisannya untuk menyesuaikan diri dengan melakukan Perubahan organisasi.

Menurut Winardi (2005 ; 2) Menyatakan " bahwa perubahan organisasi adalah tindakan suatu organisasi beralih dari kondisi saat ini menuju kondisi masa yang akan datang menurut yang diinginkan guna meningkatkan efektivitasnya"

Dilihat dari konsep tersebut menunjukkan tujuan perubahan organisasi dimaksudkan upaya untuk mencapai efektivitas organisasi dari perubahan yang terjadi dilingkungan internal dan eksternal  organisasi.

Sementara itu efektivitas organisasi yang ingin dicapai organisasi diperlukan ukuran yang jelas bagi organisasi.

Dalam kaitan dengan ukuran tersebut, menurut Gibson (1985 ; 27-30) "Memandang efektifitas organisasi dari tiga perspektif  yaitu ; 1). Keefektifan Individu, 2). keefektifan kelompok dan 3).keefektifan organisasi"

Dari perspektif pendapat diatas. Memberikan pandangan bahwa bahwa keefektifitasan organisasi diperlukan aspek sumber daya manusia menjadi perhatian organisasi dalam melakukan perubahan organisasi, dimana SDM berperan pula dalam melakukan perubahan organisasi, dalam kaitan ini perubahan organisasi diperlukan perencanaan, tahapan dan memperhatikan unsur perubahan organisasi.

Melakukan perubahan organisasi diperlukan dukungan Sumber daya manusia organisasi dengan memandang arti pentingan organisasi untuk berubah agar organisasi efektif meraih tujuannya.

Beberapa ukuran dari efektivitas organisasi menurut Gibson  adalah Perencanaan yang matang,sistem pengawasan dan pengendalian yang bersifat mendidik dan juga analisis perumusan kebijaksanaan yang tepat.

Semoga perubahan yang dilakukan dapat mewujudkan efektivitas organisasi sebagaimana tujuan pembentukannya....