Warga Peranap Inhu Resah Temukan Jejak Kaki Si Belang di Areal Kebun

Selasa, 31 Januari 2023

INHU, PANTAUNEWS.CO.ID - Petani kelapa sawit dibuat resah setelah menemukan jejak kaki si belang (harimau) diareal kebun mereka yang berada di Dusun Pondan Jaya, Kelurahan Baturijal Hilir, Kecamatan Peranap, Kabupaten Inhu, Riau.

Disebutkan, penemuan jejak kaki harimau ini sudah kedua kalinya terjadi. Hal itu pula yang membuat warga sekitar semakin ketakutan untuk beraktivitas seperti biasanya.

Salah seorang warga Dusun Pondan Jaya, Heri (40) kepada wartawan menuturkan, penemuan bekas jejak telapak kaki harimau itu ketika dia sedang bekerja dikebunnya, Senin (30/1) pagi hingga petang.

Badan gemetar dan rasa takutnya memuncak, Heri mencoba menghubungi tetangganya, terutama pemilik kebun kelapa sawit dibalik rimdangnya pepohonan dengan telepon selulernya.

"Waktu saya bekerja dikebun untuk panen buah sawit itulah aku melihat bekas jejak kaki harimau. Karena dari ukurannya yang besar bisa dipastikan itu bekas jejak kaki harimau. Setelah itu saya juga menghubungi Bhabinkamtibmas Polsek Peranap dan Babinsa Koramil/05Peranap," kata Heri menerangkan kronolohis penemuan jejak kaki harimau tersebut.

Heri menambahkan, dia bersama warga desa lainnya ingin menyampaikan tentang keinginan memasang kamera trap (Gpro).

Lain pihak, Kapolsek Peranap Iptu Bahagia Ginting mengimbau kepada warga agar tetap waspada saat akan beraktivitas dikebun dan jangan membunuh atau memasang jebakan (perangkap) yang dapat membahayakan nyawa hewan dilindungi tersebut.

"Warga kita imbau agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati ketika beraktivitas diluar rumah. Kita akan berkoordinasi dengan BBKSDA Riau agar segera menindaklanjuti temuan jejak harimau itu. Sehingga warga tidak cemas lagi dan menghindari jatuh korban," kata dia. (stone)