Delapan Bulan Gaji Perangkat Kampong Belum di Bayar Pemko, Bahagia Maha Angkat Bicara

Kamis, 16 Februari 2023

SUBULUSSALAM, PANTAUNEWS.CO.ID - Disinyalir, Gaji Kepala Kampong, dan Honor  para Perangkat Kampong, di Kota Subulussalam belum terbayar selama 6 (Enam) Bulan di Tahun Anggaran (TA) 2022, dan di Tahun 2023 berjalan selama 2 (Dua) Bulan.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPR Kota Subulussalam, Wakil Ketua Komisi A, Bahagia Maha, meminta kepada Walikota Subulussalam untuk segera membayar Gaji para Perangkat Kampong di Bulan ini, jika belum juga di bayar pada Februari 2023 ini, setidaknya, dibayarkan pada awal Bulan Maret 2023 nanti.

Dalam pantauanya, disemua Kampong se Kota Subulussalam, persoalan Gaji Kepala Kampong, dan Perangkatnya menjadi perbincangan hangat. Bahkan, menurutnya, hal ini sangat berpengaruh dengan tugas-tugas pokok dan kewajiban di setiap Kampong.

Menurut anggota DPR Kota Subulussalam ini, Dana untuk Perangkat Kampong sudah ada dan suda disahkan bersama-sama melalui pembahasan di DPRK subulussalam.

"Anggaran Gaji Perangkat Kampong sudah di sah kan bersama-sama oleh DPR lalu, ini kok di tahun 2022 menyisakan 6 (Enam) bulan belum terbayar, ditamba lagi 2 bulan berjalan di tahun 2023, kemana anggaran itu," Kata, Bahagia, kepada media ini, Kamis, (16/02/23).

Masih kata Bahagia. Tidak ada alasan gaji Kepal Kampong dan honor Perangkat Kampong dipemko Subulussalam untuk tidak terbayar. Dengan alasan, uangnya sudah di anggarkan bersama sama dengan Walikota Subulussalam melalui TIM TAPK nya.

"Kami tidak mempertanyakan Dana itu dipergunakan kemana. Namum, saran kami kepada Walikota Subulussalam agar membayar gaji Kepala Kampong dan Honor Perangkat Kampong dilingkup Pemko Subulussalam segera mungkin. Meskipun tidak seluruhnya, paling tidak  6 bulan di TA 2022 terlunasi, agar Kepala Kampong dan Perangkatnya bisa terbantu," Sampainya.

Konon lagi, lanjut Bahagia. Sebentar lagi Umat Muslim menyambut bulan suci Ramadhan, berkenan dengan Gaji Kepala Kampong dan Honor Perangkat Kampong adalah salah satu Visi Misi Walikota saat kampanye di pilkada 2018 lalu.

"terkait dengan Gaji Kepala Kampong dan Honor Perangkat Kampong tidak ada istilah menunggak pembayaranya, setiap bulannya akan dibayar ini janji politik Walikota pada waktu itu," cetusnya.

Harapan kami, jelas Bahagia. Sebagai Wakil Rakyat Kota Subulussalam, kami meminta agar Gaji Kepala Kampong dan Honor Kepala Kampong bisa dibayarkan pada awal bulan Maret 2023 mendatang. (Juliadi)