Empat Tahun Berjalan PT Laot Bangko Baru Menyerahkan Sertifikat Kebun Plasma di Tiga Desa

Kamis, 16 Februari 2023

SUBULUSSALAM, PANTAUNEWS.CO.ID - Telah berjalan selama 4 (Empat) Tahun terhitung dari 2019 hingga 2023, perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Laot Bangko baru menyerahkan Sertifikat sekaligus penandatanganan kerjasama dengan Koperasi penerima kebun Plasma.

Penyerahan Sertifikat dan penandatanganan Koperasi Plasma tersebut baru di realisasikan sebanyak 3 (Tiga) Desa di Wilayah Kecamatan Sultan Daulat.

"Kita merasa bersyukur meskipun telat, sudah hampir 4 tahun terhitung 2019 baru dilakukan penyerahan sertifikat dan penanda tanganan kerjasama antara PT Laot Bangko dan Koperasi penerima kebun Plasma terhadap 3 desa wilayah Sultan Daulat," Sampai, Ari, Kamis, (16/02/23).

Ketua Komisi B DPR Kota Subulussalam, Ari Afriadi yang membidangi perkebunan itu pun berharap kepada PT Laot Bangko agar segera merealisasikan kebun plasma di 4 (Empat) Desa lainnya Wilayah Kecamatan Simpang Kiri, dan Penanggalan.

"Kita berharap ini segera menyusul agar tidak ada kecemburuan sosial terhadap masyarakat di 4 Desa tersebut," kata, Ari.

Seharusnya, menurut Ari. Pembangunan kebun Plasma tersebut, secepatnya harus dilakukan karena itu adalah kewajiban perusahaan perkebunan.

"Jangan sampai program Plasma yang menjadi kewajiban didalam undang-undang perkebunan, tetapi penerapannya hanya Khayalan," jelas, Ari.

Terlepas dari itu,  Ketua Komisi B ini pun mendesak semua pihak agar kewajiban plasma Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT Laot Bangko secepatnya di realisasikan.

Diketahui, tepatnya pada hari ini berlangsung kegiatan antara Perusahaan PT Laot Bangko dan 3 (Tiga) koperasi penerima plasma di wilayah Kecamatan Sultan Daulat, yaitu Koperasi Batu Napal Mandiri, Koperasi Namo Buaya Sejahtera, dan Koperasi Al-Baroqah Kampong Singgersing. Melaksanakan pembahasan dan penandatanganan kerjasama, acara tersebut berlangsung di ruang Aula Rapat Setdako Subulussalam. (Juliadi)