Hj Asmidar Hadiri Kenduri Adat Laut, Disambut Tari Gelombang di Pulau Banyak Barat

Rabu, 15 Maret 2023

ACEH SINGKIL, PANTAUNEWS.CO.ID  - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Hj. Asmidar menghadiri acara syukuran kenduri adat laut tahun 2023, di Pulau Rago-Rago, Desa Asantola, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil, Aceh.

Uniknya, pada saat Anggota DPR Aceh Komisi V itu hendak memasuki lokasi acara tersebut, Hj Asmidar, bersama para tamu undangan disambut meriah dengan penampilan Tari Gelombang. Terlihat, para penari mengenakan baju Kemeja Putih, Celana Hitam, serta dibalut hiasan di Kepala.

Disitu, Anggota DPR Aceh, Hj Asmidar mengatakan tujuannya kesitu khusus menghadiri undangan Panitia Kenduri Adat Laut, yang di laksanakan di Kecamatan Pulau Banyak Barat.

Dikesempatan itu, Hj Asmidar pun mengucapkan terimakasihnya kepada para panitia yang telah mengundangnya ke acara kenduri Adat Laut Pulau Banyak Barat.

Tak tanggung, Hj Asmidar juga mengapresiasi masyarakat yang begitu antusias menghadiri langsung acara tersebut. Tidak hanya itu dia juga berterimakasih kepada masyarakat Pulau Banyak Barat, yang telah menjaga kelestarian budaya dan kearifan lokal untuk menjaga warisan leluhur.

Sebagai diketahui bahwa kenduri adat laut merupakan tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat nelayan sejak dahulu sebagai ungkapan syukur kepada Allah Subhanallah Ta'ala atas kekayaan hasil laut.

Diikutip dari wikipedia.org Tari Galombang atau Tari Gelombang adalah salah satu seni tari tradisonal Minangkabau yang berkembang di berbagai daerah di provinsi Sumatra Barat, Indonesia.

Pertunjukan seni tari ini adalah salah satu atraksi yang biasanya muncul dalam pesta pernikahan adat Minang serta menjadi pencuri perhatian. Biasanya, tari galombang ditampilkan dalam acara penyambutan mempelai saat diarak menuju pelaminan.

Tidak begitu jelas asal-usul bagaimana asal mula tari galombang diciptakan dan digunakan untuk hal dimaksud, namun hingga saat tari gelombang tetap ditampilkan oleh beberapa orang di berbagai pelosok.

Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Kapolsek Pulau Banyak, Panglima Laut dari Kecamatan Pulau Banyak, Camat Pulau Banyak Barat, Imam Mukim Haloban, Kepala Desa Haloban, Kepala Desa Asantola, Kepala Desa Ujung Sialit, Kepala Desa Suka Makmur, dan masyarakat nelayan Pulau Banyak Barat, serta undangan lainnya. (Rls/Juliadi)