Jika Cakades Berasal dari Luar, Warga Desa Kuala Lala Ancam Demo Pemkab Inhu

Selasa, 14 Maret 2023

Foto Ilustrasi

INHU, PANTAUNEWS.CO.ID - Masyarakat Desa Kuala Lala, Kecamatan Sungai Lala, Kabupaten Inhu, Riau mengancam akan menggelar aksi demo jjka ada Calon Kepala Desa (Cakades) di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kuala Lala berasal dari luas desa maupun kecamatan.

Penegasan itu disampaikan Tokoh Masyarakat (Tomas) Desa Kuale Lale, Aras M Nawawi kepada wartawan, Selasa (14/3). Dikatakannya, pernyataan itu dia sampaikan dugaan akan terjadi konflik terkait pemilihan Pergantian Antar Waktu (PAW) antara masyatakat dengan panitia penjaringan.

"Kami menolak keras ada calon berasal dari desa. Seperti ada salah satu calo yang berasal dari Airmolek," kata Aras, Selasa (14/3).

Aras menambahkan, bahwa masih banyak warga Desa Kuala Lala masih banyak yang mampu membangun dan memajukan desa mereka.

"Ada pengecualian jika tidak ada lagi yang mau memimpin desa kami. Silahkan saja, kami akan berlapang dada," tandasnya.

Ditekannya lagi, mereka (warga desa-red) akan menggelar aksi demo kekantor Dinas Pemerintahan dan Masyarakat Desa (PMD) Inhu jika masalah tersebut tidak cepat diselesaikan dan ditanggapi atas penolakan mereka.

Aras menuturkan, sesuai dengan Perbup Inhu No.40 tahun 2019 tentang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa, yang mana pada Pasal 50 Nomor 3 dan Nomor 5 disebutkan, bahwa masyarakat masyarakat dapat memberikan masukkan kepada panitia mengenai calon pergantian tersebut dan wajib diakomodir panitia pemilihan.

"Kami masyarkat Desa Kuala Lala meminta panitia pelaksana agar tidak memberikan kesempatan untuk salah satu calon yang berasal dari luar desa kami. Karena masyarakat menginginkan kepala desa yang terpilih nantinya harus orang asli desa kami, yang telah mengerti dengan keadaan desa dan aturan adat istiadat desa kami," kata Aras. (stone)