Warga Resah Supir Truck Pengangkut Batubara Ngebut Dijalanan, Ini Kata Kasat Lantas

Jumat, 03 Maret 2023

INHU, PANTAUNEWS.CO.ID - Sejumlah warga yang berdomisili di Kelurahan Pematangreba, Kecamatan Rengat Barat mengaku resah campur takut akibat mobilisasi kenderaan angkutan batubara yang setiap hari melintas di Jalan Lintas Rengat - Pematangreba.

Bahkan, ada beberapa oknum supir angkutan batubara (ODOL) yang suka parkir (berhenti) sembarangan ditepi hingga bahu jalan.

Kasat Lantas Polres Inhu AKP Rocky Junasmi SIK MH menanggapi keluhan warga tersebut. Kepada media ini Kasat menegaskan, jika ada kemacetan disebabkan tingginya mobiler angkutan batubara bisa saja diadakan pengalihan arus ataupun pemberhentian sementara.

"Sifatnya situasional. Akan tetapi jika ada oknum supir angkutan batubara itu yang ugal-ugalan, ngebut diruas jalan yang padat penduduk atau volume kenderaan disekitar Pematangreba tentu akan kita lakukan penindakan. Bisa kita tilang atau dengan caa peneguran," kata Kasat, Jumat (3/3).

Kasat ingin persoalan dijalan raya, menanggapi aduan atau semacam keluhan dari pengguna jalan lainnya, untuk penertiban kenderaan batubara yang melanggar, diharapkan bisa dilaksanakan bersama-sama dengan stakeholder terkait.

"Tidak menutup kemungkinan bisa ditilang dengan barang bukti kendaraannya," ujarnya.

Sementara itu, dari hasil pantauan dilapangan, aktivitas kendaraan angkutan batubara Over Dimention Over Load (ODOL) setiap hari hari melintas kerap membuat resah masyarakat para pengguna jalan dan lainnya.

Angkutan batubara diduga tidak sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP) itu juga menimbulkan debu itu telah menutupi tanaman hias dan lain sebagainya milik warga disekitar jalan.

Dari sisi kerusakan jalan menyebabkan resiko kecelakaan dan juga oderdil kenderaan juga mudah rusak karena kondisi jalan rusak. (stone)