Festival Lampu Colok se-Kota Dumai Tahun 2023, Dibuka Resmi Wali Kota H. Paisal

Selasa, 18 April 2023

PANTAUNEWS.CO.ID, DUMAI - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai menggelar Festival Lampu Colok se-Kota Dumai Tahun 2023, bertempat di Halaman Masjid Darul Amal, Jalan Mattaim, Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai, Senin (17/4/2023). 

Festival yang ditaja untuk menyemarakkan malam tujuh liko atau 27 Ramadan setiap tahunnya itu, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Dumai, H. Paisal. 

Sebagai informasi, hiasan lampu colok merupakan sebuah tradisi masyarakat di Riau. 

Secara turun-temurun tradisi ini dilaksanakan pada malam 27 Ramadan atau sering disebut malam 7 liko jelang Hari Raya Idulfitri. Bagi masyarakat tempatan, festival lampu colok memiliki nilai agamis, gotong royong, dan rasa kebersamaan. 

Di Kota Dumai sendiri, agar lebih meriah pelaksanaan festival akan dilakukan penilaian oleh dewan juri yang telah ditunjuk, untuk menentukan hiasan lampu colok terbaik yang memiliki nilai estetika dalam bentuk kreasi gambar berupa miniatur yang indah. 

Dalam sambutannya, Wali Kota Dumai H. Paisal mengapresiasi dan menyambut baik seluruh pihak yang telah berkontribusi dan berpartisipasi memeriahkan festival lampu colok demi menjaga dan melestarikan khazanah budaya Melayu. 

"Alhamdulillah, antusias masyarakat untuk menyemarakkan festival lampu colok ini sangat tinggi. Atas nama pemerintah, kami sangat apresiasi atas partisipasi masyarakat," ucapnya. 

Selama lebih kurang 2 tahun Covid-19 melanda, belakangan tradisi ini seolah semakin memudar.