Jelang Pendaftaran ke KPUD, Bacaleg Potensial Partai NasDem Dumai ini Mendadak Mundur

Sabtu, 06 Mei 2023

Mukhtar, Ketua DPD Garda Pemuda Partai NasDem Kota Dumai

DUMAI, PANTAUNEWS.CO.ID - Pengunduran diri beberapa bakal caleg (Bacaleg) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Provinsi Riau, mulai dari tingkat DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota, ternyata juga terjadi di Kota Dumai.

Sebelumnya diketahui Bacaleg potensial DPR RI Jhony Charles, juga mundur dari pencalonannya dan serta kepengurusan sebagai Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi Riau. 

Selanjutnya, pengunduran diri Dr Afni Zulkifli Bacaleg Dapil Siak - Pelalawan juga sempat membuat memanas. Diketahui, Dr Afni yang saat ini menjabat Tenaga Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Hutan RI, termasuk Bacaleg potensial untuk terpilih pada kontestasi Pileg 2024 mendatang.

Terkait pengunduran diri beberapa Bacaleg Partai NasDem di Riau, ternyata juga terjadi di Kota Dumai. Salah satu Bacaleg potensial DPRD Dumai Mukhtar, juga ikutan mundur.

Mukhtar yang diketahui menjabat Ketua DPD Garda Pemuda Partai NasDem Kota Dumai, melayangkan pengunduran diri, Jumat (5/5/2023) kemarin.

Saat dikonfirmasi, Sabtu (6/5/2023), diakui Mukhtar bahwa dirinya batal mengikuti kontestasi politik Pileg 2024 mendatang. 

"Ya benar, saya mundur dari bursa caleg Partai NasDem Kota Dumai," ungkap singkat Mukhtar dengan santai.

Tampak Mukhtar tidak ingin memberikan alasan detail terkait mundurnya dalam bursa Caleg Dumai 2024 mendatang. Diketahui, Mukhtar merupakan Bacaleg potensial DPRD Dumai untuk Dapil II yakni Dumai Timur - Medang Kampai.

Dalam surat pengunduran dirinya sebagai Bacaleg Partai NasDem Dumai, tidak menyebutkan alasan secara spesifik. Pengunduran diri Mukhtar sangat disayangkan, diketahui saat ini jadwal pendaftaran Bacaleg ke KPUD Dumai.

Informasi terangkum, adanya dugaan konflik internal dalam tubuh partai besutan Surya Paloh ini di Kota Dumai, Sekretaris DPD Partai NasDem Abdul Gafar menyebutkan dirinya saat ini berada diluar kota.

"Sebaiknya konfirmasi langsung kepada Ketua Bappilu DPD Partai NasDem Dumai Pak Sutrisno. Karena beliau yang mengurus terkait pencalegkan," ujar Abdul Gafar menyampaikan.

Berendus kabar, Anggota DPRD Dumai terpilih dari Partai NasDem 2019 - 2024 Hj.Haslinar, juga dikabarkan tidak mengikuti kontestasi politik Pileg 2024 mendatang. Dikabarkan, istri eks Walikota Dumai Zulkifli AS ini digadang-gadangkan akan maju pada Pilkada serentak 2024 mendatang. 

Hingga ini berita diterbitkan, dikabarkan ada beberapa kandidat bahkan pengurus Partai NasDem Dumai juga ikutan mundur. (*)

Penulis: Edriwan