Sinergitas TNI-POLRI Lakukan Patroli Bersama di Areal Kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil

Senin, 01 Mei 2023

SUBULUSSALAM, PANTAUNEWS.CO.ID - Dalam bentuk sinergitas TNI dan Polri di Wilayah Hukum (Wilkum) Kota Subulussalam, bersama-sama melakukan patroli di areal kawasan suaka margasatwa Rawa Singkil.

Kapolres Subulussalam AKBP Yhogi Hadisetiawan, SIK, MIK dan Dandim 0118 Letkol Inf Arianto Sunu Kuncoro beserta jajarannya menggelar kegiatan patroli bersama kawasan suaka margasatwa Rawa Singkil, pada, Minggu, (30/04/23).

Kapolres menyebutkan, Sinergitas TNI-Polri tersebut telah lama diagendakan. Namun, karena wilayah di sekitar kawasan merupakan daerah aliran sungai dengan kondisi cuaca yang tidak mendukung, kegiatan tersebut baru dapat dilaksanakan saat ini.

"Kegiatan ini sudah lama kami agendakan, tapi karena cuaca tidak mendukung patroli bersama ini baru dapat kami laksanakan hari ini" jelasnya.

Lanjut Kapolres, Kegiatan Sinergitas kedua institusi itu juga melibatkan pejabat Pemko Subulussalam. Menurutnya, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui bahwa di Subulussalam ini memiliki kawasan Ekologi yang salah satunya adalah suaka margasatwa Rawa Singkil.

"TNI - POLRI Bersinergitas tidak hanya menjaga harkamtibmas, melakukan patroli ke wilayah Suaka Marga Satwa Rawa Singkil juga merupakan hal penting untuk menjaga kelestarian wilayah dengan status lindung ini" terangnya.

Tambahnya, Perambahan hutan oleh masyarakat disekitar kawasan, penggunaan kawasan karena tumpang tindih dengan HGU, juga mengakibatkan kondisi Kawasan Ekologi di wilayah ini harus dijadikan fokus perhatian. Oleh karena itu, pada kegiatan ini Kapolres juga sekaligus memberikan sosialisasi pada masyarakat sekitar kawasan terkait regulasi dan upaya pelestarian.

"Hal ini supaya kondisi kawasan ekologi tidak semakin terganggu, kondisi hutan lestari, fauna terjaga untuk meminimalisir adanya konflik antara masyarakat dengan fauna kawasan yang akhir-akhir ini sering turun dan mengganggu lahan masyarakat" tutupnya. (Juliadi)