Belajar mengendalikan Emosi

Jumat, 16 Juni 2023

Penulis Drs.Sofyan, M.Si Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau Penasehat IKA FIA Unilak Penasehat Gonjong Limo Kota Dumai Dewan Pakar DPP RMB- LHMR

PANTAUNEWS.CO.ID, PEKANBARU - Kadang-kadang  tanpa disadari bila sesuatu hal yang tidak sesuai dengan harapan yang atas suatu rencana kerja organisasi yang telah ditetapkan bersama ada timbul perasaan Emosi  dalam diri. 

Timbulnya emosi dalam diri    adalah manusiawi  dan semua kita memikinya yang salah satu penyebab adanya rasa kecewa dalam diri atas yang didapat tersebut 

Dalam perspektif  kepemimpinan  seorang pemimpin mengendalian emosi hendaknya mampu dikendalikan agar suasana kerja yang kondusif. 

Menurut William  James  yang dikutip Alek Sobar  dalam bukunya Psikologi Umum (2016:65) Mengatakan " Emosi cenderung mempunyai perasaan  yang unik saat menghadapi objek tertentu dilingkungannya" 

Kalau dicermati pandangan tersebut menunjukkan kondisi lingkungan dimana berada yang kurang berkenan akan dapat memicu emosi seseorang. 

Salah satu upaya yang perlu dilakukan  untuk menghindari emosi senantiasa berusaha tetap belajar  bersabar,  rasanya mungkin dapat membantu  mengurangi  emosi yang ada dalam diri manuasia. 

Kemampuan dan keberhasilan  mengontrol emosi  tidak terlepas  dari pengetahuan da  pengalaman yang dimiliki, ada yang mengatakan bahwa bersikap sabar ilmu yang tertinggi  dalam menghadapi berbagai situasi  yang terjadi. 

Semoga kita senantiasa dapat mengendalikan emosi yang memang ada dalam diri.