DPRK Subulussalam Dukung Langkah Pemko Ikut Rakor Bersama Kemendikbudristek di Batam

Jumat, 02 Juni 2023

SUBULUSSALAM, PANTAUANEWS.CO.ID - Dengan adanya langkah Pemerintah Kota (Pemko) Subulussalam yang akan menghadiri undangan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), di Batam, pada, Selasa (6), hingga Jumat (9), Juni, 2023, mendapat dukungan positif dari DPR setempat.

Disampaikan Bahagia Maha, anggota DPR Kota Subulussalam, dari Fraksi PAN, terkait rencana Pemko akan mencari langkah penerimaan Formasi ASN-P3K guru tahun 2023, Jumat, (2/06/23).

Berdasarkan, pernyataan Walikota Subulussalam melalui Asisten 1 Setdako H Sairun SAg, yang sebelumnya terberitakan, media ini, terkait penerimaan Formasi P3K akan dibahas Minggu depan, dengan adanya langkah Pemko tersebut sangat didukung oleh Bahagia Maha.

"Terkait penerimaan Formasi P3K tahun 2023, rencananya akan dibahas Minggu depan di Batam, Kepulauan Riau, tentu langkah dan sikap Pemko subulussalam ini sangat kita dukung," kata Bahagia Maha, Anggota DPRK Subulussalam, Dapil 3, Kecamatan Rundeng dan Longkib ini.

Bahagia Maha pun, berharap kepada Walikota Subulussalam pada saat Rakor di Batam nantinya, mengenai persoalan pembukaan penerimaan Formasi ASN P3K Guru dikota subulussalam tahun 2023, harus diperjuangkan semaksimal mungkin agar menjadi berita gembira buat masyarakat kota Subulussalam.

"Kabar bahagia tersebut, tidak terlepas juga kepada saudara-saudara kita yang sudah belasan tahun mengabdi sebagai tenaga guru honorer," ucap, Bahagia.

Kami sangat yakin, lanjut Bahagia, ketika keinginan masyarakat itu diperjuangkan nantinya dalam Rakor di Batam, seperti yang  disampaikan oleh Asisten 1 Setdako H Sairun, S.Ag, M.Si, kami sangat meyakini akan diakomodir oleh pemerintah pusat.

"kalau memang Pemko Subulussalam bersungguh-sungguh menperjuangkanya, dan memang peluang penerimaan formasi 2023 itu harus diperjuangkan untuk memberikan kesempatan kepada putra-putri daererah yang dianggap layak mengikuti seleksi dan dipriotaskan lulus nanti, tentu sangat kita dukung," jelas, Bahagia Maha.

Dengan tegas, Bahagia Maha pun mengatakan, harapann kami Formasi P3K Tahun 2023 ini memang harus diperjuangkan oleh Pemerintah Kota Subulussalam, untuk dibuka agar para guru bakti yang sudah mengabdi belasan tahun sebagai guru honorer di dearah kita ini bisa diberi peluang.

Kita juga sepakat, masih kata, Bahagia, kalau penerimaan P3K nantinya, untuk putra dari luar Daerah Pemko Subulussalam akan dilakukan evaluasi sesuai ketentuan, untuk menghadapi masalah ini juga harus di siapkan strategi agar putra-putri yang betul sudah berbakti dapat berhasil dalam seleksi P3K nantinya.

Bhagi pun, mengingatkan terkait masalah anggaran, diakuinya pemerintah kota Subulussalam sekarang sedang menghadapi angka Defesit. menurutnya, itu tidak jadi penghalang karena sesuai dengan peraturan menteri keuangan RI Nomor 212/PMK.07/2022.

Pemerintah pusat akan mentransfer langsung anggaran gaji dan tunjangan ASN-P3K, kalau Pemerintah Daerah sudah mengangkat guru honorer tersebut sesuai dengan kebutuhan deareh itu sendiri.

Untuk mensiasati itu, anggaran gaji dan tunjangan ASN P3K yang akan diangkat tahun 2023 ini tinggal pemko subulusslam membuat Anjab nya dan ajukan kepemerintah pusat demi kepentingan formasi P3K disubulussalam ini.

"menurut peraturan menteri keuangan RI  anggaranya sudah disiapkan tinggal mengirimkan kedaerah kalau daerah sudah mengajukanya kepemerintah pusa," tungkas, Bahagia Maha. (Juliadi)