"Pasar dalam Kehidupan Masyarakat"

Selasa, 06 Juni 2023

Suasana di Pasar Bundaran Dumai (Foto: Dok)

PANTAUNEWS.CO.ID - Hampir tidak ada diantara kita yang tidak pernah pergi kepasar, hal ini disebabkan berbagai pemenuhan kebutuhan senantiasa tersedia di pasar.

Maka secara sederhana kita mengatakan bahwa pasar adalah tempat bertemunya antara pembeli dan penjual. Biasanya di pasar tradisional akan terjadi proses tawar menawar dalam kesepatan harga antara belah pihak pembeli dan penjual.

Menurut  N.Gregory Mankiw Dalam buku Pengantar Ekonomi Migro (2013) mengatakan, pasar adalah sekelompok pembeli dan penjual dari sebuah produk atau jasa tertentu. Pembeli sebagai kelompok menentukan permintaan sebuah produk sedangkan penjual sebagai kelompok lain yang menentukan penawaran dari Produk tersebut.

Dalam pengertian sehari-hari, pasar sebagai suatu lokasi dalam artian geografis, sementara menurut Ari Sudarman dalam buku Teori Ekonomi Mikro (2004), mengatakan pasar dalam Ilmu Ekonomi adalah dimana saja terjadi transaksi antara penjual dan Pembeli.

Dalam berbagai konsep pengertian pasar  mengambarkan terdapat transaksi  jual beli diantara pedagang  dengan konsumen. Sehingga untuk menarik minat dari pedagang  maupun pembeli diperlukan penataan dalam berbagai aspek yang perlu diperhatikan  dalam mewujudkan pasar  sebagai suatu lokasi atau tempat bertransaksi antara penjual dan pembeli.

Biasanya bila dilihat dari aspek pedagang    lokasi pasar letaknya stategis dan mudah terjangkau oleh pembeli dengan harapan nantinya pasar akan ramai di datangi pembeli. Sementara itu pula dari sisi pembeli biasanya terdapat pula suatu perilaku pembeli atau konsumen dalam mengambil keputusan membeli produk atau jasa yang dibutuhkan.

Dengan demikian dua sisi ini menjadi pertimbangan menentukan dimana keberadaan suatu pasar tersebut.

Kondisi bangunan pasar juga perlu dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasana pendukungnya, baik dari aspek kenyamanan, keamanan dan kebersihan suatu pasar.

Suasana aktivitas transaksi dipasar akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak (pedagang dan pembeli,red)  dan juga pengelola pasar.

Semoga keinginan melakukan relokasi suatu pasar akan memberikan nilai manfaat dalam masyarakat maupun pedagang.

Ditulis oleh: Drs.Sofyan,M.Si
Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau
Dewan Pakar DPP RMB-LHMR