Pemko Subulussalam Tiadakan Pembukaan Formasi CPNS-P3K, Malah Mendapat Undangan dari Kemendikbudristek

Jumat, 02 Juni 2023

SUBULUSSALAM, PANTAUNEWS.CO.ID - Sebelumnya, Pemerintah Kota Subulussalam melalui Asisten 1 Setdako Subulussalam meniadakan pembukaan formasi CPNS-P3K. Kini, dikabarkan malah dapat undangan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Disampaikan Walikota Subulusalam H Affan Alfian SE, melalui Asisten 1 Setdako H Sairun S.Ag.M.Si, bahwa Pemko telah menerima undangan Rakor dari Kemendikbudristek terkait formasi P3K guru tahun 2023, mendatang.

Kabarnya, melalui siaran persnya, yang sampai ke media ini, kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Batam, Kepulauan Riau, pada Selasa (6), hingga Jumat (9), Juni, 2023.

Disitu, H Sairun menyampaikan bahwa Pemerintah kota Subulussalam akan mengutus Kepala BKPSDM, Kepala Dinas Pendidikan, dan kepala BKAD, setempat sesuai dengan undang. Dalam surat undangan Rakor tersebut, membahas tentang formasi P3K guru.

Untuk delegasi yang diutus Pemerintah Kota Subulussalam, di sampaikan beberapa hal, yang Pertama. Pemerintah kota Subulussalam tidak mau terulang peristiwa pengangkatan P3K guru tahun lalu, yang menimbulkan gejolak dan beban daerah akibat pembayaran Rapel dan gaji P3K menambah beban dana Dau yang sudah tersedia ditahun itu.

Sehingga, pemerintah Kota Subulussalam kesulitan mencari solusi pembayaran rapel gaji dan gaji bulanan yang berjalan ditahun itu.

Selanjutnya, System seleksi harus diperhatikan sehingga memberi peluang kepada putra-putri Kota Subulussalam, teruntuk yang sudah lama honor/berbakti  jangan hanya kelulusan itu dari aspek kognitif tapi pertimbangan lain termasuk  masa bakti tempat tugas, juga usia dan kebutuhan formasi harus dikoordinasikan.

Seterusnya, Pemerintah daerah harus diberi  peran dalam proses seleksi, karna yang faham kondisi daerah adalah daerah itu 
sendiri, jangan sempat mereka yang sudah lama berbakti tereleminasi akibat kebijakan pusat yang tidak mengindahkan peran daerah.

"Selama formasi P3K guru yang akan dibuka akan mementingkan kepentingan putra putri daerah, tentu peluang itu layak kita perjuangkan," Sampai, Sairun, Jumat, (2/06/23).

Kemudian, terkait pengalokasian anggaran gaji, agar tidak menumpangkan beban alokasi dari dana DAU yang ada. Jika, keinginan tersebut tersahuti tentu ini merupakan kabar gembira buat kita semua dan pemertintah mendorong delegasi kita mengusulksn formasi P3K guru.

Namun, Pemerintah tetap tidak membuka penerimaan P3K kalau proses seleksinya menyulitkan Putra-Putri daerah lulus, dan hanya  memberikan peluang kepada putra putri dari luar daerah yang lulus kedaerah Kota Subulussalam.

Terakhir, nantinya setelah delegasi yang di utus pulang dari Rakor. Pemerintah Kota Subulussalam akan membahas dengan Dinas terkait hasil rakor di Batam itu.

"Mudah-mudahan ada peluang kita membuka formasi P3K guru dalam tahun ini,
pemerintah tentu tidak tinggal diam mencari solusi memanfaatkan peluang yang ada untuk memikirkan nasib para guru melalui jalur P3K, selama upaya ini menguntungkan putra-putri dan kepentingan darah kita," tutup, Asisten 1 Setdako Subulussalam. (Juliadi)