Warga Rengat dan Personel Polres Inhu Terima Daging Qurban

Kamis, 29 Juni 2023

INHU, PANTAUNEWS.CO.ID - Ratusan warga Kota Rengat dan sekitarnya dan personel Polres Inhu Polda Riau menerima daging qurban dari Polres Inhu. Yang mana, pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023 Masehi, Polres Inhu menyembelih 9 ekor hewan qurban jenis sapi.

Menariknya, didalam pembagian daging sapi ke warga, Polres Inhu menggunakan Besek, sebuah wadah terbuat dari anyaman bambu dan dilapis daun pisang.

Langkah itu diambil sebagai upaya ramah lingkungan dan atau mengurangi limbah plastik yang berbahaya bagi (kesehatan) lingkungan.

Kapolres Inhu AKBP Dody Wirawijaya didampingi PS Kasubsi Penmas Polres Inhu Aipda Misran mengatakan, selain menarik dan unik, kemesan Besek yang digunakan untuk daging hewan qurban mudah terurai didalam tanah dan ramah lingkungan.

"Selain unik dan menarik, kemasan yang kita gunakan untuk daging hewan kurban merupakan non plastik," kata Dody, disertai senyum senang oleh sejumlah PJU Polres Inhu dihalaman Mako Polres Inhu, Kamis (29/6).

Dody menambahkan, penggunaaan kemasan Besek merupakan inisiatif dirinya. Karena selama ini banyak orang kerap menggunakan plastik sebagai wadah sesuatu barang dan sebagainya.

"Umumnya, pembagian daging kurban hingga saat ini masih menggunakan plastik. Sementara plastik termasuk sampah yang sudah terurai tanah, bisa memakan waktu puluhan tahun," ujarnya.

Ditambahkannya, perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini, Polres Inhu memotong sebanyak 9 ekor sapi. yang merupakan qurban dari dirinya, PJU dan sejumlah personel Polres Inhu lainnya.

"Seperti biasa, daging kurban akan dibagikan pada masyarakat Kota Rengat dan juga warga sekitar Polres Inhu, yang berhak untuk mendapatkan daging qurban," tandasnya.

Selain itu juga, kata Dody, daging qurban dibagikan keejumlah panti asuhan yang ada disekitar Kota Rengat, para Purnawirawan, Warakawuri dan personel Polres Inhu.

"Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh personel Polres Inhu yang telah ikut berqurban pada tahun ini. Semoga menjadi berkah dan amal ibadah bagi kita semua. Aamiin Yarabbal Alamin. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. Mohon Maaf Lahir dan Batgin," ucapnya. (stone)