AKBP Werdha Susetyo: Amar Maruf Nahi Munkar Tugas Semua Komponen Masyarakat

Jumat, 07 Juli 2023

Acara Weuh Hate Di Tutup Dengan Photo Bersama Di Aula Kantor Geuchik Peukan Kota.

PANTAUNEWS.CO.ID, LANGSA -  Amar ma’ruf nahi munkar menjadi tugas kita semua, tugas pemerintah dan tugas semua komponen masyarakat.

Kenapa demikian, karena amar ma’ruf nahi mungkar merupakan perbuatan untuk mengajak orang lain kepada kebaikan dan menghindari keburukan, artinya kita membicarakan kewajiban dakwah.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Langsa, AKBP Werdha Susetyo, SE., pada Kunjungan kerjanya yang merupakan program “Weuh Hate Suputaran Narkoba,” dengan cara tatap muka bersama perangkat,Imam dan tokoh Masyarakat,Bhabinkamtibmas,Babinsa Gampong Peukan Kota, Kecamatan Kota Langsa ,Bertempat di Aula Kantor Geuchiek Setempat,Jum'at (07/07/2023).

Lebih lanjut, Werdha, menjelaskan bahwa kewajiban dakwah bagi umat Islam telah diserukan Allah SWT dalam ayat Alquran yang artinya:

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (QS. Ali Imran: 110).

Berdasarkan perintah Allah SWT, sesuai tugas pokok kami di BNN, maka kami mengajak peran aktif aparatur dan tokoh masyarakat serta didukung warga masyarakat untuk melaksanakan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), pintanya.

Pelaksanaan P4GN tersebut baik itu dari individu, keluarga maupun kelingkungannya, tujuan yang ingin kita gapai adalah menjadi pribadi, keluarga dan lingkungan gampong yang Bersinar (Bersih dari Narkoba), jelas Werdha.

Berhasil dan suksesnya program P4GN sampai menjadi Bersinar, ini tentunya tidak hanya dilaksanakan sendiri oleh BNN, tetapi perlu didukung oleh semua komponen masyarakat, khususnya Pemerintah Daerah sampai ke pemerintah gampong, baik dari aspek sosialisasi, regulasi maupun anggaran, papar Werdha.

Dalam rangka penguatan program P4GN, maka Presiden telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Preksursor Narkotika Tahun 2020-2024, yang tentunya dalam Instruksi tersebut memerintahkan kita melaksanakan rencana aksinya sampai Gampong kita menjadi Bersinar (Bersih Narkoba), tegasnya.

Banyak problema dan sifatnya negatif serta menghancurkan dan membunuh setiap manusia dari narkoba itu sendiri, awalnya narkoba itu membuat halusinasi, terus merubah karakter menjadi buruk, lalu membuat gila terus mati sia-sia, intinya narkoba itu barang haram yang harus kita perangi ” War On Drugs,” lanjutnya.

Untuk itu, pertemuan tatap muka ini mengedukasi aparatur dan tokoh masyarakat gampong untuk memotivasi kewajiban melaksanakan P4GN sampai lingkungannya Bersinar, lalu sampaikan kepada masyarakat luas sebagai bentuk “Amar Ma’ruf Nahi Mungkar,” tutup Werdha.

Pada kesempatan itu juga, Geuchiek Gampong Peukan Kota, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintahan gampong Peukan Kota siap untuk melaksanakan P4GN, untuk mewujudkan gampong Bersinar (Bersih dari Narkoba)dan membantu mensosialisasikan kepada masyarakat,khususnya warga Gampong Peukan agar jangan takut untuk merehabilitasi anak-anak kita,keluarga kita, yang menjadi korban kecanduan Narkotika pada BNN,karena isu miring yang telah beredar dimasyarakat bahwasanya masyarakat pecandu Narkotika yang dibawa BNN bukan untuk direhab tapi malah dijebloskan dalam penjara" ungkap Geuchik Lizam.

Kami pemerintah gampong Peukan Kota mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kepala BNN Kota Langsa dan rombongan atas kunjungan kerjanya, silaturrahmi ini luar biasa dan kami bangga serta bahagia karena dapat memotivasi kami disini untuk terus melaksanakan P4GN.

Lebih Lanjut,Lizam, menjelaskan bahwa hadirnya Kepala BNN Kota Langsa dapat mengedukasi dan memberikan informasi penting tentang bahaya narkoba. (Medy)