Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini Secara Serentak se-Indonesia

Rabu, 23 Agustus 2023

INHU, PANTAUNEWS.CO.ID - Polsek Rengat Barat Polres Inhu Polda Riau melaksanakan penanaman pohon di Desa Danau Baru, Kecamatan Rengat Barat, Rabu (23/8). Kegiatan itu merupakan program Polri Melestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini.

Tampak hadir Camat Rengat Barat Lisnar Manaf, Kapolsek Rengat Barat Kompol Deni Afrial, Danpos Peltu Herman Waluyo, Kanit Reskrim Polsek Rengat Barat AKP Abdan dan Kepala Desa Danau Baru M Ridwan serta undangan lainnya.

Kapolsek Rengat Barat Kompol Deni Afrial dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini.

"Perlu bapak dan ibu ketahui bahwa kegiatan kita hari ini adalah penanaman pohon yang dilakukan serentah di seluruh Indonesia. Penanaman yang dilakukan sebanyak 100 pohon dan se-Kabupaten Inhu sebanyak 1200 pohon. Kita sengaja melakukan penanaman pohon di Desa Danau Baru karena sungainya telah abrasi. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat hingga anak cucu kita. Kami memohon kepada Pak Kades agar tanaman yang ditanam supaya dirawat," kata Deni.

Sementara itu, Camat Rengat Barat Lisnar Manaf menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya karena ini adalah langkah antisipasi penipisan atmosfir.

"Kita bisa lihat bersama karena gedung pacu jalur udah dekat dengan sungai karena abrasi. Kami mengucapkan terima kasih kepada Polri karena ada memiliki progam ini untuk mengatasi abrasi di Desa Danau Baru. Kami berharap kepada masyarakat bahwa kegiatan ini bukan seremonial saja. Mari kita kembangkan kegiatan ini. Harapan yang disampaikan Polri melalui Kapolsek agar kita laksanakan yaitu agar selalu dirawat agar manfaatnya kedepannya sangat baik. Kami melihat bahwa Bhabinkamtibmas yang ada di Rengat Barat sangat bagus. Kami berharap kepada Pak Kapolsek agar kegiatan seperti ini ditingkat kembali," pungkasnya.

Dikatakannya, bahwa kegiatan yang dilakukan personel Bhabinkamtibmas Polsek Rengat Barat sangat berarti kepada masyarakat.

Sebagai pemerintah kecamatan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Rengat Barat atas kegiatan personel Bhabinkamtibmas yang telah dilaksanakan.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolsek bahwa kegiatan Bhabinkamtibmas sangat nyata yang kami lihat," tandasnya.

Dalam dari pada itu, Kepala Desa Danau Baru M Ridwan sangat menyambut baik atas kegiatan "Polri Melestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini" di Desa Danau Baru.

"Kami atas nama pemerintahan Desa Danau Baru dan masyarakat mengucapkan ribuan terima kasih kepada Polri yang diwakili oleh Polsek Rengat Barat yang telah melaksanakan kegiatan ini. Diwilayah desa kami ini sudah dua kali melaksanakan kegiatan ini dan saya perlihatkan salah satu peninggalan kegiatan yang dilakukan oleh Polri yang lama," ujarnya.

Ridwan menambahkan, bahwa penghijauan yang dilakukan ini adalah untuk mengatasi abrasi yang ada Daerah Aliran Sungai (DAS) Indrgairi yang selama ini dipakai sebagai arena pacu jalur.

"Apabila persiapan yang telah kami lakukan tidak berkenan oleh bapak sekalian kami memohon maaf yang sebesar-besarnya," ucapnya.
Kemudian acara dilanjutkan penanaman pohon secara serempak dan foto bersama. (stone)