DPD LEMTARI Kota Dumai Resmi di Kukuhkan, Datuk Maulana Pimpin Lembaga Adat Ini

Senin, 04 September 2023

PANTAUNEWS.CO.ID, DUMAI - Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Tinggi Masyarakat Adat Republik Indonesia (DPD LEMTARI) Kota Dumai yang dipimpin Datuk Maulana resmi dilantik Ketua DPP LEMTARI Datuk Suhaili Husein,  di Gedung Pendopo Jalan Putri Tujuh pada Senin 04 September 2023. 

Acara pelantikan ini dihadiri Walikota Dumai diwakili Asisten III, LAMR Dumai, Polres Dumai, Lanal Dumai, Kodim Dumai, Ketua KPU Dumai, Organisasi Masyarakat dari berbagai kesukuan. 

Ketua DPP LEMTARI Datuk Suhaili Husein dalam pidatonya mengatakan, bahwa LEMTARI adalah lembaga perekat NKRI. Yang mana LEMTARI sudah berdiri di 30 Provinsi di Indonesia. Hadirnya LEMTARI di Indonesia adalah sebagai wadah tempat bernaungnya berbagai kesukuan, tanpa memandang Suku, RAS, Agama dan lainnya. 

Salah satu tujuan LEMTARI adalah, akan berupaya membantu kinerja Kepolisian, yang mana tidak semua persoalan langsung-langsung ditangani Kepolisian. Seperti contoh, ada warga mencuri satu tandan sawit dan 1 ekor ayam tidak mesti langsung dilaporkan ke Polisi, masih bisa kita lakukan penyelesaian melalui Hukum Adat. 

"Dalam adat istiadat, ada yang namanya hukum adat, jadi kita berlakukan dulu hukum adat itu. Jika tidak terselesaikan dengan hukum adat, maka barulah diserahkan ke pihak Polisi," sebut Datuk Suhaili Husein. 

Lanjutnya,"Kita akan mengupayakan Aturan Adat itu akan di berlakukan di LEMTARI, dan tentunya butuh dukungan pemerintah dan berbagai kalangan, sehingga aturan itu dapat berjalan secara bersama," ujarnya lagi. 

Datuk Suhaili Husein juga menyampaikan, bahwa LEMTARI berwacana kedepannya membuat aturan yaitu aturan hiburan-hiburan ditempat umum, seperti hiburan pesta masyarakat. Yang mana aturan yang akan LEMTARI rencanakan adalah tidak memperbolehkan musik House. Sebab musik house tersebut dapat membuat akal sehat manusia berubah menjadi tidak sehat. 

"Dengan adanya hiburan musik house di pesta-pesta masyarakat tersebut, pemuda pemudi banyak yang hilang akal yaitu dengan menkonsumsi miras, dan berkemungkinan para pemuda pemudi bisa lanjut mengkonsumsi narkoba. Nah ini menjadi tontonan anak-anak dibawah umur, inikan bisa merusak generasi bangsa ini," cetus Datuk Suhaili Husein. 

Oleh karena itu, lanjut Datuk Suhaili Husein, mari kita secara bersama-sama untuk menerapkan aturan itu, namun tentunya tidak terlepas dari peran pemerintah. 

"Dengan hadir dan dilantiknya pengurus DPD LEMTARI DUMAI, saya berharap LEMTARI DUMAI dapat memberikan dampak manfaat kepada masyarakat Kota Dumai." tandas Datuk Suhaili Husein. 

Di saat itu pula, Datuk Maulana dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa dirinya mengucapkan terimakasih kepada DPP LEMTARI Datuk Suhaili Husein yang telah melantik kepengurusan DPD LEMTARI DUMAI, yang mana dirinya berjanji akan berbuat baik dan dapat bermanfaat untuk masyarakat Kota Dumai. 

"Kami siap untuk untuk ditegur, jika ada perbuatan kami yang menyalahi aturan yang diterapkan oleh DPP LEMTARI," sebut Datuk Maulana. 

Usai memberikan kata sambutan, Datuk Maulana saat di wawancarai mengatakan, bahwa dirinya tertarik untuk mendirikan pengurus LEMTARI di Kota Dumai, dikarenakan tujuan LEMTARI jelas, yaitu akan membantu pemerintah dan lainnya dalam hal positif yang bermanfaat bagi masyarakat. 

"Kami DPD LEMTARI DUMAI terbuka bagi organisasi kesukuan yang ada di Kota Dumai untuk bersatu, dengan tujuan untuk kepentingan masyarakat adat Kota Dumai." pungkas Datuk Maulana.