Walikota H Paisal Dampingi PJ Gubri Tinjau Pembangunan Jembatan Sungai Dumai

Sabtu, 23 Maret 2024

Pj Gubernur Riau SF Hariyanto meninjau pembangunan sungai masjid Kota Dumai, Jumat (22/3/2024).

PANTAUNEWS.CO.ID, DUMAI - PJ Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto didampingi Wali Kota Dumai  H Paisal meninjau progres pembangunan Jembatan Sungai  Mesjid di Kota Dumai Jumat 23/3/2024. 

Pj Gubernur SF Hariyanto mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi Jembatan Sungai Masjid yang mengalami kerusakan di beberapa bagian lantai. Selain itu, jembatan ini yang menghubungkan Kecamatan Sungai Sembilan dan Dumai Barat  juga sering digunakan masyarakat. 

“Ini kunjungan resmi kami sebagai Pemprov Riau, atas undangan Walikota, untuk melihat kondisi jembatan yang sangat memprihatinkan tersebut,” kata SF Hariyanto. 

PJ Gubernur  mengatakan, hal ini kerap mengakibatkan antrian panjang dan kemacetan lalu lintas akibat penerapan sistem penutupan jalan. 

“Jembatan lama sudah hancur, jadi kemana orang akan pergi jika jembatan ini juga rusak?” dia menambahkan. 

Dia menjelaskan, beberapa waktu lalu, pemerintah telah melakukan perbaikan untuk memastikan jembatan tersebut berfungsi. Namun karena kelebihan beban kendaraan yang melintas, jembatan tersebut kembali retak. 

“Tetapi ada beberapa bagian yang bukan menjadi tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum (UPT), karena UPT hanya menutup lubang-lubang kecil. Tapi karena ini parah, perlu diperbaiki lagi,” ujarnya. SF Hariyanto menjelaskan, 

Pengerjaan konstruksi terhenti pada 2023 karena adanya sengketa kontrak. Namun pada tahun 2024 Pemprov Riau akan melanjutkan kembali pembangunan Jembatan Sungai Masjid  di Kota Dumai. 

“Kemarin sudah dikaji oleh Inspektorat dan Insya Allah bulan ini akan kami tenderkan  Kami berharap Kementerian Pekerjaan Umum memilih kontraktor yang benar-benar berfungsi,” kata Gubernur PJ. 

Untuk mempercepat prosesnya, Pemprov Riau mengalokasikan dana sebesar Rp27 miliar untuk pembangunan jembatan tersebut. Dia menargetkan penyelesaian Jembatan Masjid Duplikat Sungai diharapkan selesai pada tahun ini. 

“Kami akan siapkan anggarannya, dan insya Allah tahun ini bisa selesai,” pungkas PJ Gubri.