Tips Jitu Membeli Bahan Makanan Selama Ramadan dan Idulfitri

Senin, 01 April 2024

PANTAUNEWS.CO.ID, PEKANBARU - Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto mengikuti apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan di seluruh Indonesia secara daring pada Senin (1/4/2024). Apel tersebut dilaksanakan di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi. 

Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman, Plt Kepala BPS RI, Amalia Adininggar Widyasanti, dan Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi turut menghadiri kegiatan tersebut yang berlangsung di Komplek Gudang Bulog, DKI Jakarta. 

Selama acara tersebut, Irjen Kemendagri, Tomsi Tohir menyampaikan himbauan terkait tindakan yang harus dilakukan guna menjaga ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan di daerah selama bulan puasa Ramadan dan hari raya Idulfitri 1445 H. 

Salah satu himbauannya yaitu mengintensifkan pemantauan dan sinergi pengawasan terhadap BBM dan LPG. 

Tomsi menambahkan bahwa pengawasan tersebut harus dilakukan oleh satgas pangan dan aparat penegak hukum untuk menekan kenaikan harga komoditas pangan yang dapat memicu kenaikan harga pada seluruh komoditas lainnya yang ada. 

Selain itu, Tomsi juga mendorong dilakukannya optimalisasi intervensi pasar, seperti operasi pasar murah, gerakan pangan murah, dan program stabilisasi pasokan dan harga. Hal ini dilakukan guna mengurangi gejolak harga komoditas pangan, terutama beras, serta melibatkan berbagai stakeholder dalam pelaksanaannya. 

Tomsi menyebutkan bahwa salah satu cara lain untuk menjaga ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan adalah memastikan stok dan pasokan komoditas pangan, terutama beras, cabai, bawang, daging, dan telur ayam ras. Ia juga menekankan pentingnya peninjauan dan koordinasi penetapan kebijakan tarif daerah sebagai tindakan penanganan lebih lanjut. 

Tidak kalah pentingnya adalah menjelaskan kepada masyarakat terkait ketersediaan bahan pokok, serta upaya-upaya yang dilakukan pemerintah, untuk menjaga kepercayaan masyarakat. Tomsi meminta agar hal tersebut terus dilakukan melalui tokoh-tokoh masyarakat sehingga upaya yang telah dilakukan pemerintah dapat tersosialisasi dengan baik.