Loading...

Harga Gambir Tahun 2018 Untungkan Petani

Dumai(pantauNews)-Gambir merupakan komoditas eksport yg sangat di butuhkan saat ini.Terutama pihak industri kecantikan, farmasi dan lain lain.banyak nya permintaan gambir baru baru ini sangat mendongkar harga gambir di pasaran tanah air.

Gambir eksport dari pantauan  harga gambir sekarang ini cukup lumayan ,harganya berkisar antara 65.000 sampai 70.000/ kg nya.
Tingginya harga gambir membuat para petani gambir bisa bernafas lega,yg biasanya harga gambir cuma berkisar antara 20.000 sampai 22.000 per kg nya.
"Harga Gambir cukup lumayan dua bulan belakangan ini ,itu yang membuat kami cukup terbantu"ujar Isnardi saat dijumpai di Kebun sekalian tempat produksi Gambir miliknya yang berada di Payakumbuh,kecamatan mungka desa Talang Maur 8/9/2018.

Ada beberapa varian dalam komoditas ini, tergantung campuran yang di tambahkan oleh petani.di antaranya Gambir Super dan Gambir biasa.Gambir super biasanya tidak ada campuran lain dalam pembuatan gambir saat di produksi.berbeda halnya dengan gambir biasa,biasanya campuran yang di berikan petani sesuai  permintaan pembeli dan sesuai dengan warna gambirnya.ada pesanan yang dimintak berwarna putih kecoklatan yang harus di campur dengan tepung.warna gambir (oman gambia) bisa di sesuaikan sesuai permintaan para buyer.









No comments

Powered by Blogger.